Sabtu, 19 Januari 2019

Tujuan pengembangan di tk

Tujuan pembelajaran merupakan satu diantara hal pokok yang harus di ketahui dan disadari oleh seorang pendidik sebelum memulai kegiatan belajar. Guru atau pendidik harus dapat memberikan penafsiran yang tepat mengenai jenis dan fungsi tujuan yang akan dicapainya secara konkrit. Di Taman kanak-kanak, tujuan pembelajaran secara khusus disebut dengan kemampuan. Kemampuan atau tujuan secara khusus ini dirumuskan oleh guru. Rumusan tujuan harus menggunakan kata kerja yang operasional dan dapat di ukur dan diamati.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran yang dinyatakan dengan baik mulai dengan menyebut
AUDIENCE,menyantumkan BEHAVIOR dan KONDITION serta DEGREE.

Rumusan tujuan setidaknya mencakup 4 hal, yaitu:
a. Audence. Pernyataan peserta didik sebagai subyek belajar
b.  Behaviour. Tujuan pembelajaran harus menyatakan secara eksplisit perilaku(behaviour) atau performansi yang akan dikuasai ole peserta didik
c. Konditions. Tujuan pembelajaran hendaknya mempertimbangkan kondisi peserta didik dalam meraih perilaku yang telah ditetapkan
d.Degree. Tujuan pembelajaran hendaknya mensyaratkan suatu standar minimum/derajat yang mesti dikuasai oleh peserta didik.

Menentukan tujuan pembelajaran dapat dilakukan dengan cara mengorganisasikan seluruh KD atau diorganisasikan untuk setiap pertemuan. Tujuan mengacu pada indikator, paling tidak mengandung  dua dari empat aspek yaitu audience(peserta didik) dan behaviour (aspek kemampuan)

Bagaimana mencapai tujuan pembelajaran yang dikemas sesuia dengan kharakteristik anak tk tersebut menjadi materi kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar